Tuesday, August 7, 2012

3 Virus Komputer Terganas Penghancur Negara di Dunia



Virus komputer, biasanya hanya merusak komputer saja. Hanya menimbulkan kerusakan di komputer agan. Tetapi 3 virus ini beda. Tidak dirancang untuk merusak atau mencuri data di suatu komputer, virus ini dirancang untuk mengambil alih atau bahkan menghancurkan suatu negara. Bagaimana bisa? Dengan cara virus ini dikode untuk menyerang alat vital negara seperti reaktor nuklir. Kebayang kan bagaimana garangnya virus ini? Coba kita lihat apa saja virusnya.

1. Stuxnet

Ditemukan sekitar Juni tahun 2010, virus ini terindikasi sebagai virus terdahsyat pertama yang menandai adanya perang cyber antar negara. Kode virus ini sangat rumit sekali dan diperkirakan menghabiskan dana jutaan dollar AS untuk pembuatannya. Virus ini terkenal karena menjadi bukti suatu serangan virus yang terorganisir kepada suatu infrastuktur penting di suatu negara.

Virus ini menarget fasilitas nuklir Iran. Cara kerjanya yaitu menyerang program SCADA (Supervisory Control And Data Acquistion) yang mengendalikan pipa pembangkit listrik tenaga nuklir di Iran dan perangkat lainnya. Peneliti menemukan cara kerja virus yang dikategorikan worm ini dengan cara mencegat perintah akses tertentu dari SCADA ke infrastuktur tertentu. Perangkat pengayaan uranium sentrifusa dilaporkan menderita kerusakan berat.

Iran sebagai korban menuduh negara bart dan sekutunya sebagai dalang dibalik peristiwa ini.

2. Duqu

Walaupun tidak sehebat stuxnet yang mengincar fasilitas penting di suatu negara, virus ini juga menimbulkan kerugian yang sangat besar karena tugasnya adalah mengumpulkan data intelejen suatu negara. Memanfaatkan kelemahan yang ada di sistem Windows untuk melakukan penyuntikan program jahat ke 'jantung' komputer.

Ada dugaan pembuat virus ini sama dengan stuxnet atau pembuat virus ini memberikan source code virus Stuxnet ke pembuat virus ini dikarenakan kesamaan sifatnya. Namun semua ini belum terbukti.

3. Flame

Ditemukan tahun 2012 oleh Kaspersky virus yang berukuran 20 MB ini sekitar 20 kali lebih canggih daripada virus Cyberwarfare yang pernah ada. Virus ini memiliki kemampuan yang sangat - sangat berbahaya, seperti mengubah settingan komputer, mengambil screenshoot, mengcopy pesan di layanan IM, dan yang paling bahaya mengaktifkan microfon untuk merekam pembicaraan. Virus ini diketahui menyerang fasilitas nuklir di Iran.

Kode yang dibuat sangat rumit dan sampai sekarang masih belum dimengerti cara kerjanya walaupun telah berhasil ditanggulangi bahkan virus ini dibekali kemampuan untuk 'bunuh diri' dimana ia dapat menghilangkan jejaknya agar tidak terdeteksi.

Walaupun tidak diketahui siapa pembuatnya, Iran menuduh negara barat dan sekutunya ada dibalik semua ini. Virus ini diduga disponsori pembuatannya oleh suatu negara. Terlepas dari semua itu harus diakui pembuat virus ini sangat jenius. Bahkan dibutuhkan waktu sekitar 5 thun ke depan agar bisa memahami secara penuh bagaimana cara kerjanya.

1 comment: